Rabu, 08 Juli 2015

METODE BOR PILE dan STRAUSS PILE

Perlu Di Perhatikan Metode Strauss pile Atau Bore pile manual


Pekerjaan strauss pile atau bor pile manual adalah  cara pembuatan pondasi yang dalam pelaksanaannya menggunakan bor pile tangan  yang di gerakan oleh tenaga manusia, obyek yang dapat di bor adalah berupa tanah lunak dan bukan berupa:
Tanah urug campur puing,Tanah pasir ber'air,Tanah Padas / tanah semen.

berikut penjelasan nya :

1. Tanah urug campur puing. bila dalam pelaksaan lokasi pekerjaan strauss pile / bor pile manual terdapat puing/sampah yang kedalamannya lebih dari 50cm maka pihak pertama ( pemberi tugas ) harus menggali terlebih dahulu atau bila terkena pondasi lama maka harus di bobok dahulu.

2.Tanah pasir ber'air, untuk jenis tanah ini kesulitan pekerjaan bor pile manual adalah pada pengangkatan tanah dikarenakan tanah merosot pada saat proses pengangakatan, meski dapat dikerjakan dengan mata bor berbentuk tabung namun proses pekerjaan yang agak lama menjadikan metode ini tidak disukai pekerja.

3. Tanah Padas / tanah semen, jenis tanah ini termasuk tanah keras sehingga jenis tanah ini tidak mampu di kerjakan dengan metode strauss pile.


Tanah cadas
Tanah padas
     apabila rencana kedalaman  pondasi berdasarkan hasil test sondir / rekomendasi dari hasil soil test maka pondasi tersebut tidak bisa dikerjakan dengan metode strauss pile / bor pile manual.

Banyak keuntungan yang di dapat bila mana dalam suatu proyek menggunakan pondasi bore pile manual, diantaranya:

1. biaya relatif lebih murah dibanding pondasi dalam lainnya misal pondasi sumuran, mini pile dan bore pile mesin.

Bahkan kalau di hitung-hitung lebih murah dan efisien bila di bandingkan dengan pondasi batu kali yang sering dipakai untuk pondasi rumah tinggal 1 lantai, 2 lantai atau 3lantai. Efisien karena dalam pengerjaannya tidak membutuhkan waktu yang lama. lain halnya dengan pondasi batu kali, misalnya dalam sebuah proyek rumah tinggal pengerjaan pondasi batu kali memakan waktu 2 minggu maka dengan metode strous dapat di selesaikan dalam waktu 1 minggu, pondasi strauss bertumpu pada lapisan tanah keras dengan itu resiko penurunan tanah yang mengakibatkan diding retak dapat di minimalisir 2 ( dua ) Pekerjaan cepat terselesaikan.
Dalam satu hari 1 set alat mampu mengerjakan kurang lebih 20 m1 dan set alat bor pile manual mudah di sesuaikan dengan volume pekerjaan.

Bahkan dalam sebuah penelitian mahasiswa salah satu universitas di jawa timur menyatakan rencana anggaran biaya mempergunakan pondasi straus lebih murah/efisien 21,57% dibandingkan mempergunakan pondasi footplate. pondasi strauss pile banyak di gunakan untuk pondasi rumah tinggal 2 lantai, ruko 3 lantai dan bangunan 3 lantai lainnya sebagai pengganti pondasi tiang pancang atau pun karena penghematan biaya.

MANDIRI JAYA ABADI mengerjakan strauss pile dan bor pile.
 untuk mendapatkan harga terbaik silahkan hubungi ROHMAN
Telp.081381764635 telkomsel
          085888744769 indosat
E-mail: ar954602@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar